Merencanakan Renovasi RUMAH Sendiri(2)


Membuat DENAH RUANGAN

Ketika menerapkan ukuran rumah kedalam gambar, perlu diperhatikan kembali denah lama Rumah Anda. Seberapa banyak Anda akan melakukan renovasi, sehingga seberapa perlu melakukan pembongkaran. Selain itu, masalah Utilitas Rumah, seperti jalur pipa air bersih dan air kotor serta kelistrikan, sedapat mungkin dipertahankan untuk mempermudah dan menghemat biaya renovasi.

Ruangan apa saja yang harus diprioritaskan mendapatkan akses langsung dari luar atau yang membutuhkan sinar matahari dan pertukaran hawa, itu yang harus diletakkan pada bagian yang berhubungan dengan udara terbuka. Contoh ruangan yang mempunyai akses langsung adalah garasi/carport dan ruang tamu. Contoh ruangan yang membutuhkan sinar matahari dan/atau pertukaran udara adalah kamar tidur dan dapur. Ruangan yang hanya membutuhkan pertukaran udara adalah kamar mandi/wc.

Jadi, sudah pasti carport atau garasi berada paling depan. Kemudian Ruang tamu sebagai ‘pintu masuk’ kedalam rumah. Usahakan meletakkan kamar-kamar tidur menghadap keluar (kehalaman depan atau halaman belakang) agar bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Selanjutnya, tentukan lokasi ruangan-ruangan yang basah seperti dapur, kamar mandi dan tempat cuci. Usahakan berdekatan atau berada didalam disatu jalur agar memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor, terutama dari buangan WC menuju septic tank diupayakan selurus mungkin. Misalnya dapur berdekatan dengan kamar mandi dan ruang cuci, atau bila bertingkat, kamar mandi atas berada diatas kamar mandi bawah. Tapi jangan sampai meletakkan kamar mandi diatas dapur. Secara psikologis dan logika saja rasanya kurang nyaman untuk memasak makanan dilantai bawah sementara diatasnya tempat membuang sisa makanan.

Sirkulasi Udara dan Sinar Matahari

Agar UDARA bisa leluasa bergerak didalam rumah, buatlah langit-langit cukup tinggi (minimal 3,00m). Atau buat salah satu ruang bersama (misalnya ruang keluarga atau ruang makan) tanpa menggunakan langit-langit, tetapi beri jendela kecil atau lubang ventilasi diatas dindingnya. Untuk rumah bertingkat, usahakan memanfaatkan mezzanine yaitu balkon didalam rumah, sehingga dari lantai atas kita bisa melihat ke lantai bawah. Langit-langit atau atap diatas mezzanine tersebut dibuat lebih tinggi lagi. Dengan adanya ruang yang tinggi dan berventilasi, udara akan leluasa bergerak. Udara panas yang berat jenisnya lebih ringan dengan sendirinya naik ke atas. Jadi kita yang berada dibawah akan merasakan udara yang lebih sejuk daripada di atas.

Perlunya TAMAN

TAMAN memiliki manfaat yang sangat banyak, bisa menjadi penyaring udara, kebisingan dan juga debu, serta buffer atau pelindung. Taman depan bisa ditanami pohon yang sekaligus berfungsi sebagai peneduh, sedangkan untuk pelengkapnya bisa dipilih bermacam semak atau perdu serta dikombinasi dengan penutup tanah berupa rumput. Sedapat mungkin jangan membuat perkerasan beton atau batu di taman depan, sebab dengan adanya perkerasan penuh berarti mengurangi penyerapan air kedalam tanah. Apabila perlu, lantai carport pun bisa menggunakan paving block.

Untuk Taman belakang atau taman di dalam, bisa saja dibuat menjadi dry garden, yaitu cukup dengan menebarkan batu kerikil bulat dan meletakkan beberapa tanaman dalam pot yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari penuh seperti paku-pakuan atau jenis indoor plant lainnya. Alternatif lain bisa juga dibuatkan kolam kecil, karena sifat air pada kolam dan suara gemericik air bisa menambah kesejukan didalam rumah.

Untuk membuat rencana rumah sendiri memang diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk belajar mencoba. Namun, apabila hasil akhirnya bisa dinikmati oleh seluruh keluarga, alangkah puas dan tidak sia-sialah pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya. Jadi, sebetulnya tidak terlalu sulit bukan untuk menciptakan rumah kita menjadi istana yang nyaman? Rumah yang nyaman, meski kecil akan menjadi tempat yang selalu kita rindukan manakala kita bepergian. Rumah nyaman dan sejuk hasil kreasi sendiri, yang didalamnya senantiasa diisi pula oleh kehangatan hubungan keluarga, cinta dan kasih sayang akan senantiasa menjadi tempat yang selalu dirindukan. (serial rumah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s