Merancang Rumah Sehat & Nyaman (2)


Lanjutan…

11. Berikan Teritisan dan Kisi-kisi

Teritisan adalah salah satu elemen yang penting pada bangunan tropis. Elemen ini kerap ditemui dalam bentuk teras didepan / samping rumah. Bisa berupa atap tambahan yang berdiri sendiri atau bisa juga merupakan perpanjangan dari atap utama. Teritisan berguna untuk menghalangi tampias dari air hujan dan menghalau sinar matahari yang langsung masuk kedalam rumah dan mengurangi suhu dalam ruang.

12. Hindari Efek Rumah Kaca

Kaca yang terpapar matahari bisa membuat suhu panas terperangkap dalam ruang dan panas tersebut tidak bisa keluar. Dalam waktu lama, panas akan bertambah dan ruang tersebut akan semakin panas. Inilah yang disebut Efek Rumah Kaca. Untuk itu hindari kaca dalam ukuran besar terkena sinar matahari langsung. Halangi dengan Kisi-kisi atau Kanopi.

13. Plafond bermaterial berat

Pernahkah anda bertanya, mengapa pada rumah 2 lantai, lantai bawahnya terasa lebih sejuk daripada lantai atas ? Penjelasannya adalah : Ruangan dibawah telah terhalangi oleh dak beton lantai 2, sehingga panasnya tidak diteruskan kebawah. Jadi ada baiknya bila plafond lantai atas juga terbuat dari beton agar lantai atas juga bisa sejuk. Memang mahal, tapi akan jauh lebih nyaman.

14. Halaman dengan Tanaman

Untuk Taman, sebaiknya jangan biakan seluruhnya berupa perkerasan tetapi ada tanaman. Tanaman dapat menyerap panas dan warna hijaunya cukup menyejukkan. Minimal bila lahan tidak memungkinkan, letakkan tanaman hijau didalam pot.

15. Taman diatas

Pada beberapa disain rumah, ada yang bagian atas rumahnya ditanami rumput atau dibuat kolam. Keduanya dapat menurunkan suhu dibawahnya. Khusus untuk pembuatannya perhatikan Utilitasnya agar tidak ada masalah kebocoran atau lembab.

16. Pemilihan Warna Cat yang Terang

Dalam Teori warna disebutkan, warna terang akan memantulkan panas dan warna gelap akan menyerapnya. Ini juga berlaku pada bangunan. Maka pilihlah warna-warna cerah (putih peach/warna yang bercampur putih) untuk cat eksterior rumah. Warna permukaan dinding dan atap, walaupun tidak terlalu signifikan, juga mempengaruhi daya serap panas. Warna-warna seperti putih, krem, kuning terang dan warna terang lainnya memiliki kemampuan untuk memantulkan sinar matahari lebih baik ketimbang warna-warna gelap seperti coklat, merah, abu-abu, hijau tua dan kuning kunyit. Karena dipantulkan otomatis radiasi sinar matahari yang diserap kulit bangunan menjadi lebih sedikit. Kasar tidaknya permukaan luar juga berpengaruh. Permukaan yang kasar bersifat menyerap panas, sedangkan permukaan halus bersifat memantulkan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s