Merancang Rumah Sehat & Nyaman (1)


Desain Rumah yang baik adalah yang dapat memberikan kenyamanan, kesehatan  dan keamanan bagi penghuninya untuk beraktivitas secara fisik dan melindungi dari kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.

Beberapa Tips Merancang Rumah sehat dan nyaman :

1. Gunakan Ventilasi Alami

Kehadiran penghawaan buatan (AC) membuat Rumah menjadi boros energi dan tidak ramah lingkungan. Panas yang dikeluarkan oleh AC akan memanaskan lingkungan sekitar. Hawa panas juga disebabkan oleh kenaikan suhu ruang, panas dari lampu, sinar matahari dan kurangnya saluran ventilasi.

2. Udara mengalir alami

Udara alami sebaiknya mengaliri semua bagian rumah setiap saat, sepanjang hari. Hal ini dapat diterapkan pada bangunan rumah tinggal dengan memberikan jendela/pintu krepyak atau jendela rangkap/ganda.

Jenis Jendela dan Pintu ini memberikan aliran udara tetap berlangsung meskipun tertutup. Kisi-kisi yang terbuka dapat mengalirkan udara dengan leluasa.

3. Plafond / Langit-langit dengan tinggi + 2,5 meter

Pada ruang yang tinggi dan luas, udara dapat leluasa bergerak sehingga suhu ruangan akan senantiasa sejuk. Jarak dari lantai ke plafond/langit-langit yang ideal adalah dengan tinggi lebih dari 2,5 meter.

4. Ventilasi Silang

Udara dapat mengalir pada tempat yang berbeda tekanannya. Oleh karena itu buatlah bukaan pada 2 sisi bangunan/ruangan yang saling berseberangan. Agar alirannya dapat berputar keseluruh ruangan, buatlah bukaan dengan ukuran yang berbeda dan tidak saling berhadapan.

5. Perhatikan Kualitas Udara

Pastikan udara diluar rumah benar-benar bebas polusi dan bau. Bila tercium bau tidak sedap dari lingkungan sekitar seperti asap kendaraan, maka sebaiknya jendela yang mengarah kesumber bau selalu dalam keadaan tertutup.

6. Hindari Sumber Bising

Penggunaan ventilasi juga berpengaruh pada kondisi suara yang dapat masuk kedalam rumah. Ventilasi bisa saja mengarah pada sumber suara tetapi didepannya diberi penghalang lebih dahulu seperti tanaman atau dinding.

7. Tanaman Penghalang suara

Gunakan tanaman berdaun rapat, seperti jenis perdu. Ketinggian tanaman berpengaruh pada kualitas suara yang masuk kedalam ruang. Tanaman berdaun rapat lebih efektif bila segaris antara sumber suara dan letak bukaan rumah.

8. Dinding Pemantul suara

Kebisingan dapat diredam dengan dinding penghalang. Dinding lebih efektif untuk menghalangi suara yang masuk kedalam rumah. Tetapi angin tidak dapat menembus dinding, sehingga ruang kurang mendapatkan angin.

9. Letak Ruang-ruang

Perhatikan letak dari ruang-ruang yang membutuhkan ketenangan, seperti ruang tidur, ruang belajar dan ruang keluarga. Kebisingan dari jalan raya diminimalkan dengan menggunakan penghalang atau memberikan jarak yang cukup jauh.

10. Orientasi bangunan terhadap Matahari

Matahari bergerak dari Timur ke Barat selama 12 jam setiap hari. Sinarnya yang melimpah itu dapat membawa banyak manfaat bagi manusia, termasuk pada rumah. Tetapi jika tidak ditangani dengan benar, sinar matahari justru menimbulkan ketidaknyamanan karena berpotensi meningkatkan suhu ruang. Dengan menerapkan bidang pemantul untuk mendapatkan cahaya tidak langsung atau mengatur orientasi bangunan/ruang  maka kenyamanan didalam bangunan dapat tercapai.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s